Halaman

Selasa, 31 Juli 2012

Wapres: Penelitian & Pengembangan Pertanian RI Terendah Se-ASEAN

Jakarta Salah satu kunci peningkatan produktivitas dalam bidang pertanian adalah terus melakukan penelitian dan pengembangan. Wapres Boediono pun menyayangkan penelitian dan pengembangan pertanian di Indonesia yang dinilai masih rendah.

"Untuk researce and development di bidang pertanian, kita terendah di ASEAN. Ini satu kendala," ujar Boediono saat membuka rapat kerja nasional pembangunan pertanian 2012 di Kementerian Pertanian, Jl Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (11/1/2011).

Menurut Boediono ada beberapa riset mutakhir soal pertanian. Sayangnya riset ini tidak nyambung dengan kondisi di lapangan. Boediono pun berharap ada satu tema besar untuk penelitian sehingga semuanya saling menunjang.

"Kita harus cari cara menyambungkannya. Itu harus dilakukan kalau kita ingin punya sistem pengembangan dan penelitian yang punya dampak nyata di lapangan," jelas Boediono.

Litbang di bidang pertanian juga diharapkan bisa melindungi petani dari perubahan iklim. Selain itu harus bisa diadopsi petani untuk meningkatkan produktivitas.

"Jadi bagaimana membuat litbang menjadi penunjang produktivitas yang nyambung dengan kondisi petani. Ini adalah hal yang kompleks," tutup Boediono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar